Cinta Dalam Diam

Mencintai seseorang itu perbuatan yang baik jadi buat apa dirahasiakan, begitu kata Kim Nana di serial drama Korea City Hunter. Ya benar kata Nana Eonni, peribahasa Belanda mengatakan ”De diepte van de zee kan meten, de diepte van het hart niemand weet” atau dalam bahasa inggrisnya ”The depth of the sea can be measured, the depth of the heart is unknown (Dalamnya lautan dapat diduga, dalamnya hati siapa tau). Memang tak mudah mengutarakan perasaan bagi kaum hawa. Sayangnya otak pria terlalu dangkal, bila kamu tidak memintanya maka mereka tidak akan tau kamu menginginkannya.

Cinta dalam diam itu pahit, karena bagaimanapun cinta itu lebih baik diungkapkan. Manusia tak selalu bisa membaca pikiran manusia lain. Menyatakan keinginan kita adalah jembatannya. Tak masalah apabila cinta kita bertepuk sebelah tangan, yang penting kita udah mengungkapkan suatu kebenaran. Anda mungkin kecewa jika anda gagal, tetapi anda akan menyesal jika anda tidak pernah mencoba, begitu kata Beverly Sills. Bila aku adalah kamu, maka aku kan berterimakasih pada bintang bintang dilangit karena telah mengenalmu. Bila aku adalah kamu, maka aku kan menjadi rembulanmu yang bisa menerangi disaat-saat momen gelapmu. Ingatlah bahwa mentari yang terbenam memang sungguh indah, seperti halnya kamu baru akan merasa kehilangan apabila orang yang kamu cintai sudah pergi dari hidupmu.

Aku belajar, bahwa aku tidak dapat memaksa orang lain untuk mencintaiku. Aku hanya dapat melakukan sesuatu yang menurutku baik untuk orang yang kucintai. Aku masih ingat cinta dalam diammu, bila hati tak mampu terbuka dan telinga tak jua mendengar, biarlah MATA yang ”berbicara” satu bahasa yang lebih kuat lagi. Ya benar ,yang bisa kulakukan hanya menjauh perlahan dan MEMANDANGMU dari titik jauh sambil berbisik dalam hati ”Ohh dinginnyaaa..” Mengutip ucapan Bung Karno dalam bahasa Perancis “Au revoir. Partir est une peu mourir dans mon coeur” Selamat tinggal perpisahan menyebabkan sedikit kematian dalam hatiku.

Referensi :

1. Kumpulan Kata Mutiara Indonesia Inggris Belanda by Adang Doerachman

2. Total Bung Karno by Roso Daras

Tinggalkan Balasan

