Belajar Mengatur Keuangan Pribadi

Harta yang kita miliki ini cuma titipan sementara, apabila Allah sudah menitipkannya maka kewajiban kita ialah mengelola harta tsb dengan bijak. Karena yang namanya titipan itu berarti bukan milikmu, kamu hanya dititipi. Kelak kita bakalan ditanyai harta itu digunakan untuk apa saja.

Hidup sederhana adalah perbuatan yang positif, memang benar suatu ungkapan lawas ”hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai”. Aku memang bukan keturunan orang kaya tapi bila lagi nongkrong sama temen, aku sering bilang gini ”Awake dewe nyat kere tapi sing penting ra dadi wong bodho, yen pinter peluange luweh akeh. Ya benar, lebih baik memperbaiki diri daripada mengeluh karena kekurangan. Mencari ilmu itu penting sebab banyak ilmu banyak rejeki.

Uang adalah alat untuk mandiri, begitu kata isterinya Steve Jobs. Bila kita punya banyak uang, maka yang pertama tentu ga membebani orangtua. Kita juga bisa banyak berbagi pada orang yang membutuhkan. Memang sih kalau mau berbagi kita tak harus menjadi kaya terlebih dahulu. Bisa jadi Allah sedang menguji kita ? Kira-kira kita mau berbagi ga disaat kekurangan ?

Aku udah mulai menata hidup saat ini, uang begitu berharga bagiku. Aku belum tau caranya berinvestasi layaknya Warren Buffet. Yang kutau untuk menambah uang yakni menabung & menabung, .”Jangan menabung apa yang tersisa setelah melakukan pengeluaran, tetapi lakukanlah pengeluaran dari apa yang tersisa setelah menabung, begitu kata Warren Buffet”. Aku ga mungkinlah ngabisin duit seenaknya karena aku bukan anaknya Bill Gates atau cucunya Warren Buffet. Aku berharap anak isteriku kelak hidupnya sejahtera. Kan ga lucu kalau isteri sendiri curhat sama anaknya. ”Bapakmu itu kalau ngasih uang belanja kurang-kurang, mau masak batu apa…!!”. Kasihan lho wanita sekarang, udah capek-capek ngurusin anak ditambahin banting tulang nyari nafkah. Moga-mogalah aku bisa mencapai kebebasan finansial semuda mungkin. Amiin ya Rabb

Berikut adalah kutipan inspiratif dari seorang penulis sekaligus investor, Robert T Kiyosaki.

“Saya tidak bekerja untuk uang!” Uang bekerja untuk saya!”

“Kalau Anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar Jangan bekerja untuk uang”.

“Kebanyakan orang tidak bisa menyadari bahwa yang penting dalam hidup ini bukanlah berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan, tetapi berapa banyak uang yang bisa Anda simpan”.

“Kecerdasan bisa memecahkan masalah dan menghasilkan uang. Memilki uang tanpa kecerdasan finansial akan membuat uang itu cepat habis”.

“Kalau Anda berutang kepada semakin banyak orang, berarti Anda semakin miskin”.

“Kebanyakan orang pergi ke sekolah dan tidak pernah belajar bagaimana uang bekerja, sehingga mereka menghabiskan hidup mereka untuk bekerja demi uang”.

“Uang adalah satu bentuk kekuasaan, kekuatan. Tetapi apa yang lebih kuat adalah pendidikan finansial. Uang datang dan pergi, tetapi jika Anda mempunyai pendidikan tentang bagaimana uang bekerja, Anda memperoleh kekuasaan atasnya dan dapat mulai membangun kekayaan”.

Referensi :
1. Al Quran dan hadits
2. Rich Dad Poor Dad by Robert Kiyosaki
3. Steve Jobs Biografi by Walter Isaacson

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s