Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

6755598087_5170bbfb78.jpgBelajar hal baru memang menyenangkan ? Tapi bila metode belajarnya menjemukan tentu kita bakalan males & akhirnya nyerah. Begitu pula dengan belajar Bahasa Inggris. Kamu tentu bosen tiap hari ngapalin vocab. Taukah kamu apa penyebab males & bosen ? Penyebabnya adalah kamu BELUM MENCINTAI APA YANG KAMU KERJAKAN ? Bila kamu sudah CINTA kamu ga bakalan merasa berat dan terbebani.

Jadi apa motivasimu belajar bahasa Inggris ? Kita perlu motivasi yang kuat supaya tujuan kita tercapai. Kalo Aku pengen jadi polyglot seperti Bung Karno. Bisa berkomunikasi dengan orang diberbagai belahan bumi pasti menyenangkan. Aku juga suka membaca, bila kemampuan bahasa Inggrisku sudah bagus tentu bahan bacaanku bisa lebih banyak lagi.

Karena Aku menyukai musik. Maka cara terasyik belajar Bahasa Inggris adalah nerjemahin lagu-lagu yang kusuka. Yah namanya juga belajar, awalnya kesulitan nerjemahin. Kalo kesulitan kita bisa minta bantuan temen atau nyimak terjemahan oranglain dulu. Bila kamu ga suka musik ? Namun suka film ? Nah nonton film sambil belajar Bahasa Inggris juga asyik tuh. Aku juga suka film sebenarnya tapi listeningku masih buruk. Dengerin bule ngomong rasanya kayak dengerin suara nyamuk terbang ngung..nguing..nguing wkwkwk. Kadang bahasa Indonesia dan Bahasa itu ga klop. Gini lho, kata Raditya Dika di Novel Kambing Jantan. ”I am not delicious body because entry wind” artinya Aku lagi gak enak badan karena masuk angin. Hehehe.. Udah paham kan ? Karena diluar negeri sana ga ada istilah masuk angin maka para Bule jadi kebingungan.

Sebenarnya belajar bahasa asing lewat film itu lebih efektif. Kebetulan Aku suka nonton anime, aku jadi sedikit hafal bahasa Jepang. Misalnya (Sensei = guru, sayonara = selamat tinggal, nakama = teman, bakka= bodoh, senpai=senior, saru=monyet dll) Aku juga suka liat drama Korea dan sedikit hafal bahasa Korea. Misalnya (eonni = kakak perempuan, appa = ayah, hyung = kakak laki-laki, ahjussi = paman, ahjumma = bibi, dll)

Alhamdulillah hari ini Aku udah nerjemahin 38 lagu dari target 50 lagu. Aku juga gak mikirin atau begitu pusing kapan aku bisa lancar bahasa Inggris. Cukup kujalani saja prosesnya. Seperti yang sudah kukatakan di awal tadi. ”Bila kamu sudah CINTA kamu ga bakalan merasa berat dan terbebani.”

Tinggalkan Balasan

