Ritual Percaya Diri (Berbagi Cerita)

happy_danbo___by_prihantokoh-d2yc8bbBegini kata Bu dosenku di Stmik Duta Bangsa dulu ”Orang Percaya Diri itu sorot matanya tajam karena pencapaiannya banyak”. Kebetulan beliau seorang psikolog dan dulu ngajarnya etika profesi. Memang benar bahwa ”Mata” itu mewakili perasaan ? Bila kamu ingin tau suasana hati ataupun perasaan seseorang lihatlah sorot matanya. Jadi gimana supaya percaya diri dy ?

Sebelum menumbuhkan kepercayaan diri, kita harus ngerti dulu apa penyebab yang membuat kita ga pede. Ibarat sedang sakit kalo ga ngerti sakitnya apa ntar obatnya keliru. Mari kita mengamati kehidupan masyarakat masa kini. PERTAMA hape zaman sekarang udah canggih-canggih ? Malahan di kamera depan ada fitur beautynya. Walaupun wajah kita kurang sempurna, jerawatan atau kusam. Dengan fitur beauty ini wajah kita bisa dipermak jadi putih bersih. Nah begitulah yang bikin kita jadi minder, karena fotonya ternyata ga sama dengan orang aslinya. Biasanya para cewek yang selalu ingin tampil sempurna kayak gitu. Sedikit cerita nih, dulu aku mau ngembaliin flashdisknya temenku. Aku datengin rumahnya, sesampai disana aku sms dia. Aku dah nyampe depan rumahmu ? Tunggu bentar ya, kamu masuk rumah dulu gih begitu jawabnya. Aku udah masuk rumahnya, tapi kok ga keluar-keluar ya ? Ni cewek pingsan atau apa sih ? 15 menit pun berlalu. Ehh temenku ini nongol dengan wajah full make up. Jadi orangnya tadi masih sibuk dandan, karena dia ga pede tampil apa adanya. Aku sebenarnya suka kalo dia dandan, aku jadi merasa dihargain. Tapi ga ada manusia yang sempurna kok, walau tampil polosan kalo orangnya ramah & murah senyum, cowok mana yang ga terkesan ? Hehe.. Jadi hal PERTAMA supaya PEDE yakni kita wajib nyaman sama diri kita sendiri. Bila kamu belum berhubungan baik dengan dirimu sendiri maka kamu bakalan minder.

Hal KEDUA yang bikin ga percaya diri adalah kebodohan. Lho kenapa begitu dy ? Jadi gini, misalkan besok kamu ada ulangan di sekolah dan hari ini males belajar. Tentu saja besoknya kamu ga pede menjawab soal dari gurumu. Kamu bakalan minder dengan jawabanmu sendiri. Kalo soal ulangannya A,B,C jik iso ngetung benik alias jurus pengawuran Hehe.. Pernah temanku ngejawab soal bahasa inggris dengan khayalan tingkat tinggi ? Gimana dy ceritanya ? Gini lho, padahal soal itu bukan tentang nerjemahin kalimat, tapi dia malah ngejawab terong, timun, kacang panjang, bawang putih, dan sayuran lainnya. Anjay ni anak mau belanja kali ya ? Ga nyambung banget jawabannya ? Hadeh gile lu ndro…!!

Pengetahuan itu melahirkan kepercayaan diri. Semakin kamu menguasai ilmu yang akan kamu kerjakan, semakin pedelah dirimu. Misalkan besok Aku ada ulangan dan saat ini udah belajar dengan baik. Besoknya sudah pasti Aku bisa ngejawab ulanganku dengan mudah ? Dan di akhir waktu tinggal nyindir temen-temenku yang dungu itu. ”Ayo suwe men nggarapmu disalahne siji wae” Wkwkwk.. Oh iya Ini kisah nyata sebenarnya.

Hal KETIGA yang menyebabkan kamu tidak percaya diri adalah Kemalasan. Inget kan kata bu dosenku tadi ? Yang bikin pede itu pencapaian. Jadi bila kamu males dan ngerasa waktumu tidak digunakan dengan produktif maka kepercayaan dirimu bisa goyah juga. Gimana dy maksudnya ? Gini lho, kamu harus punya pencapaian setiap hari. Kalo bisa bikin to do list deh, tulislah yang ingin kamu capai di hari itu. Misalkan jam 7 pagi nerjemahin lagu barat. Jam 8 nyuci baju, Jam 9 baca buku 30 halaman, Jam 10 belajar piano atau ngerjain tugas dll. Sesuaikan sendiri dengan waktu luangmu. Hah cuma gitu dy ? Iyalah, perubahan itu selalu dimulai dari hal-hal kecil lho ? Contohnya Bung Karno di usia yang masih belia sudah membaca declaration of independencenya Thomas Jefferson. Andaikan ga pernah membaca deklarasi kemerdekaannya Amerika ? Mau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia gimana coba ? Kan belum tau ilmunya ? Itulah kenapa Aku bilang perubahan itu dimulai dari hal kecil.

Sebenarnya masih banyak hal selain tiga poin diatas. Namun tak akan muat bila dijabarkan dalam satu artikel. Mempertahankan kepercayaan diri itu jauh lebih sulit daripada menghancurkannya. Apalagi saat kamu dirundung banyak masalah, jadi susah berfikir jernih dan males ngapa-ngapain. Yang penting konsisten ngelakuin ritual percaya diri diatas. Oke sampai jumpa lagi di kebenaran selanjutnya..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s